Apakah Mimisan Membatalkan Puasa ?

Bintangsinetron.com - Apakah Mimisan Membatalkan Puasa ?  - Puasa dibulan ramadhan adalah kewajiban bagi seorang muslim. namun siapa sangka masih banyak yang belum mengetahui apa saja yang bisa membatalkan puasa dan salah satunya tentang pertanyaan mengenai Apakah Mimisan Membatalkan Puasa ? mungkin ini bisa sedikit menjawab pertanyaan apa yang menjadi keraguan kita semua.

Apakah Mimisan Membatalkan Puasa ?

Pertanyaan

Jika darah yang keluar dari hidung saat mimisan masuk ke tenggorokan walaupun sedikit, apakah itu membatalkan puasa seseorang?.

Jawaban

Alhamdulillah.

Jika darahnya sampai ke perut tanpa disengaja oleh orang yang berpuasa, itu tidak membatalkan puasanya, karena Allah berfirman (interpretasi artinya):

“Allah tidak membebani seseorang di luar jangkauannya. Dia mendapat balasan atas (kebaikan) yang dia kerjakan, dan dia mendapat siksa atas (keburukan) yang dia kerjakan. 'Tuan kami! Jangan menghukum kami jika kami lupa atau jatuh ke dalam kesalahan'”

[al-Baqarah 2:286]


Dan dikatakan dalam hadits bahwa Allah berfirman, “Aku telah melakukannya”, yaitu, Aku telah memaafkanmu.

Tetapi jika mungkin untuk mencegahnya, atau meludahkannya, dan Anda tidak melakukannya dan Anda sengaja menelannya, maka ini membatalkan puasa. Dalilnya adalah sabda Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) kepada Laqeet ibn Sabrah: "Bersikaplah berlebihan ketika berkumur, kecuali jika Anda sedang berpuasa." (Diriwayatkan oleh Abu Dawood, 2366; al-Tirmidzi, 788; al-Nasaa'i, 87; Ibn Maajah, 407. Digolongkan sebagai shahih oleh al-Albaani dalam Shahih al-Tirmidzi, 631)

Syekh Ibn 'Utsaimin berkata: Ini menunjukkan bahwa orang yang berpuasa tidak boleh berlebihan dalam membilas hidungnya, dan kami tidak mengetahui alasannya selain fakta bahwa hal itu dapat menyebabkan masuknya air ke perut. , yang membatalkan puasa. Berdasarkan ini kami katakan: segala sesuatu yang mencapai perut melalui hidung membatalkan puasa.

Al-Sharh al-Mumti', 6/379.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel